PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI QUICK READING PASSAGE UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS X SMAS BINA BANGSA SURABAYA

Indriawati, Arlisa (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI QUICK READING PASSAGE UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS X SMAS BINA BANGSA SURABAYA.

[img] Text
Abdimas T-2 (Arlisa) Smas BIBA 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai solusi alternatif untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bahasa Inggris di SMAS Bina Bangsa Surabaya. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan disain pretest-posttest melalui metode quick reading passage dalam pembelajaran bahasa Inggris pada SMAS Bina Bangsa Surabaya. Penelitian dilakukan selama empat minggu. Instrumen penelitian ini adalah seperangkat Tes Bahasa Inggris, Lembar Wawancara, dan Lembar Kerja Prakrik. Penelitian menemukan bahwa: siswa kelas quick reading passage mencapai nilai lebih baik dari siswa pada kelas kontrol; siswa menyatakan bahwa dengan metode membaca cepat, siswa merasa termotivasi belajar bahasa Inggris, senang dengan aktivitas kelas, suasana kelas yang kondusif, dan proses pembelajaran menyenangkan. Demikian pula guru menyatakan bahwa siswa senang, semangat, dan asyik belajar dengan metode membaca cepat. Beberapa kendala yang masih dihadapi oleh guru dalam menerapkan metode ini, di antaranya: adalah keterbatasan media (misalnya; English flash card), Poster berbahasa Inggris, minimnya media audio visual untuk menemukan secara lansung cara mengeja materi bahasa Inggris, tidak memadainya waktu untuk pelajaran bahasa Inggris untuk membuat media sebagai budaya kreatifitas guru,tidak memadainya waktu unutk pelajaran bahasa Inggris ukuran kelas yang besar, dan target kurikulum dan silabus membuat guru kurang leluasa dalam menerapkan model ini. Beberapa saran di antaranya: membuat sistem co-teachers dengan English Young Learners (EYL), penambahan jam pelajaran, meningkatkan sarana dan prasarana media pembelajaran berbasis kreatif dan multimedia, dan partisipasi aktif dari stakeholders.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Aug 2019 11:56
Last Modified: 19 Aug 2019 11:56
URI: http://repository.utssurabaya.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item